Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kalibrasi HDR display di Windows 11

Cara Kalibrasi HDR display di Windows 11

Berikut panduan cara kalibrasi HDR display di Windows11. HDR (High Dynamic Range) adalah teknologi tampilan yang menghadirkan rentang kecerahan yang lebih luas dan lebih banyak detail dalam gambar.

Ini menciptakan pengalaman visual yang lebih kaya dan lebih mendekati realitas dengan kontras yang lebih tajam dan warna yang lebih hidup terutama saat streaming video HDR atau bermain game.

Windows 11 mendukung HDR display, yang memungkinkan pengguna untuk menikmati konten dengan kualitas gambar yang lebih baik.

Microsoft menyediakan alat "Windows HDR Calibration" gratis yang dapat membantu Agan menyeimbangkan detail di bagian terang dan detail di bagian gelap suatu gambar atau video.

Cara Kalibrasi HDR Display di Windows 11

1: Pastikan Hardware dan Driver Mendukung HDR. Sebelum Agan mulai, pastikan bahwa monitor Agan memiliki kemampuan HDR dan driver kartu grafis Agan telah diinstal dan diperbarui.

2: Buka Settings Display dengan mengklik kanan pada Layar (pada desktop) dan pilih "Settings > Display".

3: Aktifkan HDR Calibration. Di jendela Settings Display, temukan opsi "Use HDR" dan klik Get started.

4: Gunakan penggeser untuk menyesuaikan "minimum luminance" hingga jendela tidak terlihat.

5: Klik tombol Next.

6: Gunakan penggeser untuk menyesuaikan "maximum luminance" hingga jendela tidak terlihat.

7: Klik tombol Next.

8: Gunakan penggeser untuk menyesuaikan "max full frame luminance test" hingga jendela tidak terlihat.

9: Klik tombol Next.

10: Gunakan penggeser untuk menyesuaikan "color saturation" hingga Agan melihat warna yang tepat untuk Agan.

11: Klik tombol Next.

12: Buat dan konfirmasi nama untuk profil.

13: Klik tombol Finish dan klik tombol OK.

Setelah selesai dengan kalibrasi, uji perbedaan dalam kualitas gambar ketika menonton konten HDR. Putar video atau tampilkan gambar HDR untuk melihat perbedaan dalam kecerahan, kontras, dan kualitas warna.

Baca juga: Cara menampilkan label Taskbar di Windows 11

Jika hasilnya belum sesuai dengan preferensi Agan, Agan dapat kembali ke pengaturan HDR di Pengaturan Tampilan dan melakukan penyesuaian lebih lanjut.

Sekarang Agan telah mengkalibrasi HDR display, Agan dapat menikmati konten HDR seperti film, video, dan game dengan kualitas visual yang lebih baik.

Ingatlah bahwa setiap monitor tampilan dapat berbeda, jadi pengaturan yang optimal mungkin akan bervariasi. Lebih lanjut, pastikan untuk merujuk pada panduan monitor Agan untuk informasi tambahan tentang kalibrasi dan pengaturan HDR.

Itulah panduan cara kalibrasi HDR display di Windows11. Semoga artikel ini bermanfaat buat Agan dan terima kasih atas kunjungannya.

Tanto Roni
Tanto Roni Saya penulis yang mengulas berbagai informasi seputar dunia teknologi, gadget, serta beberapa tips terkait masalah pada perangkat android.