Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian VFX dan CGI

Pengertian VFX dan CGI

Artikel ini akan mengulas pengertian VFX dan CGI. VFX adalah singkatan dari Visual Effects, sedangkan CGI adalah singkatan dari Computer Generated Imagery.

VFX dan CGI telah menjadi bagian abadi dari industri hiburan sejak awal. VFX, yaitu efek visual, adalah efek yang diterapkan pada footage live-action untuk membuat adegan yang tidak mungkin ditangkap secara fisik. Jadi, menggunakan VFX, mereka dibuat secara virtual menggunakan grafik komputer.

Di sisi lain, CGI, yaitu citra yang dihasilkan komputer, merupakan bagian integral dari VFX. CGI menghasilkan model 2D atau 3D, ilustrasi, dan gambar digital – singkatnya, apa pun yang dibuat secara digital di platform komputer adalah CGI.

Jadi begitu model, ilustrasi, atau adegan dibuat menggunakan CGI, VFX digunakan untuk menyempurnakan atau memanipulasi adegan ke tahap akhir.

Sebagian besar kita bingung antara VFX dan CGI. Dan akhirnya berpikir bahwa keduanya sama, tetapi sebenarnya tidak. Pada konten kali ini LaiyoH akan membahas bagaimana VFX dan CGI berbeda satu sama lain.

Apa itu VFX?

VFX, yaitu efek visual , adalah efek yang dihasilkan komputer yang ditambahkan ke citra yang dihasilkan komputer atau rekaman aksi langsung untuk meningkatkan realitasnya di layar. Ini menciptakan ilusi di layar yang membuat rekaman lebih dapat dipercaya dan menarik bagi pemirsa.

Industri film menggunakan VFX sejak awal; saat ini, itu juga digunakan dalam iklan dan game. VFX bertujuan untuk mengambil citra atau rekaman palsu atau tidak realistis dan membuatnya terlihat realistis atau setidaknya dapat dipercaya di layar.

VFX digunakan untuk membuat adegan yang tidak mungkin dibuat secara fisik. Walaupun efek visualnya dapat dibidik secara praktis – misalnya, mengabadikan ledakan mobil yang terjadi dalam pengejaran mobil. Tetapi merekam adegan seperti itu mahal, berisiko, dan hampir mustahil. Dengan VFX membuat adegan secara virtual mengurangi biaya produser, dan bahkan aman.

Tool yang Digunakan Untuk Membuat VFX

Seniman VFX berspesialisasi dalam animasi komputer, pemodelan 3D, pengomposisian dan pengeditan, atau melakukan semua proses pembuatan VFX. Perangkat lunak yang digunakan adalah sbb:

  • Adobe After Effects
  • Black Magic Fusion
  • Blender
  • Mari
  • Maya

Apa itu CGI?

CGI adalah citra yang dihasilkan komputer di mana model 2D atau 3D, ilustrasi atau adegan latar belakang dibuat dengan bantuan grafik komputer. Meskipun CGI adalah salah satu jenis VFX, namun sepenuhnya independen. Kita bisa membuat video dengan efek khusus hanya dengan menggunakan CGI tanpa bantuan VFX.

Dengan demikian, CGI menggabungkan semua yang dapat dibuat secara digital pada platform komputer. Kreasi ini bisa berupa gambar atau video yang digunakan untuk film, iklan, game, atau animasi.

Tool yang Digunakan Untuk Membuat CGI

Seorang seniman CGI harus berspesialisasi dalam grafik komputer, ilmu komputer, seni, animasi, dan studi film. Perangkat lunak yang digunakan adalah sbb:

  • Adobe After Effects
  • Autodesk Maya
  • Autodesk 3DS Max
  • ZBrush
  • Autodesk Mudbox

Perbedaan VFX dan CGI

  1. VFX adalah singkatan dari Visual Effects, sedangkan CGI adalah singkatan dari Computer Generated Imagery.
  2. Apa pun yang dapat kita buat secara digital menggunakan komputer adalah CGI. Namun, apa pun yang menambahkan efek khusus pada rekaman live-action utama adalah VFX.
  3. Saat membuat VFX, seseorang harus menyesuaikan dengan waktu. Misalkan dalam cuplikan utama aktor berpura-pura berkelahi dengan singa; maka waktu aksi bertarungnya harus sesuai dengan penampilan singa di layar. Namun, saat membuat CGI, pembuatnya tidak perlu khawatir tentang waktu karena citra tidak harus mencocokkan waktu dengan apa pun.
  4. VFX memanipulasi dan menyempurnakan rekaman langsung dan membuatnya realistis atau setidaknya dapat dipercaya. Namun, dalam CGI seluruh proses dilakukan pada platform komputer; itu tidak termasuk rekaman dunia nyata.
  5. CGI benar-benar fleksibel karena tidak menyertakan rekaman live-action yang cocok dengan efeknya; sebagai gantinya, citra dapat diedit pada setiap tahap CGI hingga hasil yang diinginkan ditampilkan. Di sisi lain, VFX entah bagaimana dibatasi oleh rekaman utama yang dimanipulasi atau ditingkatkan.

Itulah pengertian VFX dan CGI. Semoga artikel ini bermanfaat buat Agan dan terima kasih atas kunjungannya.

Tanto Roni
Tanto Roni Saya penulis yang mengulas berbagai informasi seputar dunia teknologi, gadget, serta beberapa tips terkait masalah pada perangkat android.