Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Script Video dari Video TikTok

Cara Membuat Script Video dari Video TikTok

Berikut panduan cara membuat script video dari video TikTok yang ada. TikTok Script Generator & Video Extractor adalah ekstensi Chrome gratis yang menganalisis video TikTok tertentu dan kemudian membantu Agan membuat Script video berdasarkan video tersebut.

Ini menganalisis transkrip video saat ini dan memberi Agan script lengkap yang dapat Agan ikuti untuk membuat sendiri video yang sama persis.

TikTok dan Instagram Reels hanyalah tentang tren. Satu orang memulainya, dan yang lain mengikuti. Dengan template, dialog, ekspresi, dan musik yang sama, ribuan orang membuat video pendek dan mempostingnya.

Namun jika Agan ingin melakukan sesuatu secara profesional agar mendapatkan engagement yang maksimal maka Agan memerlukan script video. Membuat script secara manual dari video TikTok akan memakan waktu, jadi Agan dapat menggunakan bantuan ekstensi Chrome yang saya sebutkan di sini.

Apa Itu Script Video?

Script video adalah dokumen yang berisikan kronologi adegan, pengambilan gambar, tindakan-tindakan tokoh utama dalam video, serta dialog apa yang ingin disampaikan di dalam video yang akan diproduksi.

Script video juga dapat diartikan sebagai daftar rangkaian atau alur peristiwa yang nantinya akan di-visualisasikan pada proses selanjutnya (tahap storyboard).

Script video memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembuatan video. Script video berfungsi sebagai pedoman bagi tim produksi video untuk menghasilkan video yang sesuai dengan tujuan dan target audiens.

Script video juga dapat digunakan untuk memperkirakan biaya produksi dan waktu pengerjaan video.

Cara Membuat Script Video dari Video TikTok

Cukup mulai dengan memasang ekstensi Chrome ini dari tautan ini. Hal baiknya adalah selain Chrome, ini akan berfungsi di Edge dan browser berbasis Chromium lainnya. Setelah Agan menginstalnya, bahkan tidak diperlukan registrasi atau pendaftaran untuk menggunakannya.

Cara Membuat Script Video dari Video TikTok-1

Sekarang, buka video TikTok yang ingin Agan buat ulang. Saat video mulai diputar, Agan akan melihat ikon baru yang ditambahkan oleh ekstensi seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Ini memiliki nama "Video Script".

Cara Membuat Script Video dari Video TikTok-2

Klik pada tombol dan di panel samping, itu akan menampilkan transcript serta kata kuncinya. Agan dapat melihatnya di sidebar. Dan ada tombol yang Agan gunakan bernama "Generate video script based on current video information".

Cara Membuat Script Video dari Video TikTok-3

Sekarang, klik tombol itu dan akan memakan waktu beberapa detik dan script video terakhir akan ditampilkan kepada Agan. Cukup salin script terakhir dan gunakan untuk video Agan berikutnya.

Ini sesederhana itu. Dan Agan juga dapat membuat script untuk video TikTok lainnya dan kemudian membuat script lain.

Cara Membuat Script Video dari Video TikTok-4

Dengan cara ini, Agan kini dapat membuat script video lengkap dengan instruksi yang tepat. Coba saja seperti yang kita tunjukkan di sini dan kemudian buat script video dalam sekali klik.

Gunakan itu untuk membuat video trendi berikutnya dan itu tidak akan mengecewakan Agan. Saya menyukai kenyataan bahwa ini mencakup adegan dan dialog dengan cara yang terorganisir, sehingga Agan akan tahu persis apa yang perlu diucapkan.

Jika Agan mencari generator script video TikTok, di sini saya telah menyebutkan salah satu yang sangat bagus yang dapat Agan gunakan.

Ini sederhana dan berfungsi dalam satu klik. Aktifkan saja di video mana pun dan itu akan menyalin seluruh desain video dengan langkah dan adegan yang tepat. Agan bahkan tidak perlu masuk ke TikTok untuk menggunakannya.

Tanto Roni
Tanto Roni Saya penulis yang mengulas berbagai informasi seputar dunia teknologi, gadget, serta beberapa tips terkait masalah pada perangkat android.