Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Untuk Mengubah HP Android Menjadi Speaker PC atau laptop

Aplikasi Untuk Mengubah HP Android Menjadi SPeaker PC atau laptop

Memiliki speaker eksternal untuk PC atau laptop memang dapat meningkatkan kualitas audio dan pengalaman multimedia. Namun, bagi sebagian orang, membeli speaker baru mungkin bukan pilihan yang tepat, baik karena alasan budget ataupun keterbatasan ruang.

Untungnya, ada solusi praktis dan hemat yang bisa dimanfaatkan yaitu sebuah aplikasi yang bisa mengubah HP Android menjadi speaker PC atau laptop. Ya, dengan memanfaatkan teknologi dan aplikasi yang tepat, Anda dapat mengubah smartphone menjadi perangkat audio eksternal tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Aplikasi yang kita maksud adalah AudioRelay. Aplikasi ini memungkinkan Anda dengan mudah menyampaikan audio komputer ke ponsel Android Anda menggunakan dua metode koneksi – Wi-Fi dan tethering USB.

Dan dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi kedua cara tersebut untuk Anda sehingga Anda dapat mendengarkan lagu, film, game dan lebih banyak di perangkat Android Anda bila diperlukan.

Langkah-Langkah Mengubah HP Android Menjadi SPeaker PC atau laptop

Untuk memulainya, Anda perlu menginstal AudioRelay di Ponsel Android Anda dan juga komputer Anda. Ketuk link ini untuk menginstal AudioRelay di Ponsel Android Anda.

Aplikasi Untuk Mengubah HP Android Menjadi SPeaker PC atau laptop-1

Untuk menginstal aplikasi di PC atau laptop Anda, klik link ini, lalu klik tombol yang sesuai berdasarkan sistem operasi Anda, baik itu Windows, Linux, atau macOS. Setelah ini selesai, Anda dapat menggunakan ponsel Anda sebagai speaker melalui aplikasi dengan dua cara berikut:

Mengubah HP Android sebagai Speaker Melalui Wi-Fi

1. Hubungkan ponsel Android dan Komputer Anda ke koneksi Wi-Fi yang sama.

2. Selanjutnya, luncurkan aplikasi AudioRelay di PC Anda dan temukan alamat IP-nya di pojok kanan atas.

3. Sekarang, luncurkan aplikasi di ponsel Anda, masukkan alamat IP komputer Anda di kolom 'Connect by Address' lalu ketuk tombol 'Connect'.

4. Setelah komputer Anda berhasil terhubung dengan ponsel Android, maka akan terlihat di tab 'Player' pada aplikasi Android serta tab 'Server' pada aplikasi Desktop.

Aplikasi Untuk Mengubah HP Android Menjadi SPeaker PC atau laptop-2

5. Perluas menu 'Audio Device' di aplikasi Desktop Anda dan pilih 'Virtual Speakers' dari daftar perangkat output audio yang tersedia. Langkah ini membuat koneksi dan mengubah ponsel Android Anda menjadi speaker untuk komputer Anda.

6. Putar musik atau film di komputer Anda dan amati bahwa Anda dapat mendengarkan output audio di ponsel Android Anda.

Baca juga: Cara Menyambungkan HP ke TV Dengan STB

Mengubah HP Android sebagai Speaker Melalui USB Tethering

Karena beberapa alasan, jika koneksi Wi-Fi tidak tersedia, Anda dapat mengubah ponsel Android Anda menjadi perangkat output audio menggunakan opsi USB Tethering dengan AudioRelay.

1. Hubungkan ponsel cerdas Anda ke komputer menggunakan kabel USB.

2. Pertama-tama, Anda harus mengaktifkan tethering USB di ponsel Anda. Untuk ini, buka 'Pengaturan' di ponsel Android Anda, buka Koneksi | Hotspot Seluler dan Tethering dan alihkan tombol di sebelah Tethering USB.

3. Selanjutnya, luncurkan aplikasi AudioRelay di perangkat Android Anda, ketuk tab 'Pengaturan' dan aktifkan USB Tethering dengan menggunakan sakelar yang sesuai.

4. Setelah Tethering USB diaktifkan, Anda akan melihat seperti sebelumnya, komputer Anda akan otomatis terdeteksi di bagian 'Server' pada aplikasi Android.

5. Sekarang, perluas menu 'Audio Device' di aplikasi Desktop dan pilih 'Virtual Speaker' dari daftar perangkat output audio yang tersedia untuk membuat sambungan agar ponsel Android Anda berfungsi sebagai speaker untuk komputer Anda.

6. Untuk memverifikasi, putar musik atau film di komputer Anda dan Anda akan dapat mendengar audio ponsel Android Anda.

7. Untuk menghentikan penggunaan ponsel Android Anda sebagai speaker, buka aplikasi Android dan ketuk tombol 'Stop'. Selanjutnya pilih driver PC Anda dari menu 'Audio Device' pada aplikasi desktop Anda.

AudioRelay memberikan solusi yang baik untuk menggunakan Ponsel Android Anda sebagai perangkat audio eksternal jika speaker internal atau eksternal Anda tidak berfungsi, dan Anda tidak punya waktu untuk memecahkan masalah tersebut.

Tanto Roni
Tanto Roni Saya penulis yang mengulas berbagai informasi seputar dunia teknologi, gadget, serta beberapa tips terkait masalah pada perangkat android.