Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Edge Lighting di HP Samsung

Cara Mengaktifkan Edge Lighting di HP Samsung

Berikut panduan cara mengaktifkan Edge Lighting di HP Samsung. Ponsel Samsung Galaxy memiliki banyak fitur tersembunyi dan salah satunya adalah Edge Lighting.

Saat Edge Lighting diaktifkan, batas layar ponsel Agan akan menyala saat Agan menerima notifikasi baru. Ini membantu memberi tahu pengguna tentang notifikasi baru tanpa perlu mengambil dan memeriksanya.

Agan dapat menyesuaikan Edge Lighting sedemikian rupa sehingga Agan akan segera mengetahui aplikasi atau kontak mana yang mengirimkan notifikasi. Mari kita periksa cara mengatur dan menggunakan Edge Lighting di hp Samsung Galaxy.

Cara Mengaktifkan Edge Lighting di HP Samsung

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan Edge Lighting di ponsel Samsung Galaxy:

1. Buka Pengaturan di ponsel Samsung Galaxy Agan.

2. Buka Notifikasi diikuti dengan gaya pop-up Notifikasi.

3. Pilih Gaya singkat. Hal ini diperlukan karena Edge Lighting tidak berfungsi dalam gaya notifikasi Terperinci.

Itu dia. Fitur Edge Lighting sekarang diaktifkan di ponsel Samsung Galaxy Agan. Agan dapat menyesuaikan gayanya berdasarkan aplikasi dan kata kunci.

Cara Menyesuaikan Efek dan Warna Edge Lighting

Agan dapat mengubah gaya pencahayaan Edge, warna, transparansi, lebar, dan durasi.

1. Buka Pengaturan > Notifikasi > Gaya pop-up notifikasi.

2. Ketuk gaya pencahayaan Edge. Di bawah tab Effect, pilih gaya pencahayaan Edge. Agan dapat memilih dari beragam gaya seperti kilau, hati, kembang api, dll. Pratinjau gaya yang dipilih akan muncul.

3. Selanjutnya, ketuk pada tab Warna. Secara default, warna otomatis dipilih, yang akan menampilkan warna ikon aplikasi. Namun jika Agan ingin memilih warna favorit Agan, ketuk opsi Warna dan pilih warna yang diinginkan dari daftar. Atau, ketuk ikon Palet warna di akhir daftar untuk memilih contoh warna atau spektrum. Agan bahkan dapat menambahkan kode hex secara manual.

4. Ketuk Lanjutan untuk mengubah transparansi, ukuran, atau durasi Edge Lighting menggunakan penggeser yang tersedia. Untuk menyimpan perubahan, ketuk Selesai.

Menggunakan Edge Lighting Hanya untuk Aplikasi Terpilih

Secara default, jika Agan memilih gaya notifikasi singkat, Edge Lighting diaktifkan untuk semua aplikasi di ponsel Agan.

Namun jika Agan lebih suka menggunakan gaya notifikasi Terperinci untuk beberapa aplikasi, Agan dapat menonaktifkan pencahayaan Edge untuk aplikasi tersebut dan tetap mengaktifkannya hanya untuk aplikasi tertentu.

Dengan begitu Agan dapat menikmati manfaat dari kedua gaya tersebut. Berikut cara melakukannya:

1. Buka Pengaturan > Notifikasi > Gaya pop-up notifikasi.

2. Ketuk Aplikasi untuk ditampilkan secara singkat. Matikan sakelar di sebelah Semua aplikasi.

3. Kemudian, aktifkan sakelar di sebelah aplikasi yang seharusnya mengirimkan gaya notifikasi singkat dan gunakan efek Edge Lighting.

Ubah Warna Pop-up Notifikasi Berdasarkan Kata Kunci

Yang lebih seru lagi, Agan bisa menyesuaikan dan mengatur warna pop-up notifikasi singkat sesuai kata kunci.

Katakanlah Agan memiliki kontak bernama Manan. Agan perlu menambahkan kata kunci Manan dan memilih warnanya.

Setiap kali Agan menerima notifikasi dari kontak yang dipilih, notifikasi pop-up di bagian atas layar akan menyala dalam warna yang dipilih.  Untuk menambahkan kata kunci, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Di Pengaturan > notifikasi > Gaya pop-up notifikasi, pilih Warnai menurut kata kunci.

2. Masukkan kata kunci di bidang teks. Bisa berupa nama kontak atau kata apa pun di notifikasi. Namun, pastikan untuk memasukkannya dengan cara yang sama persis dengan peka huruf besar-kecil (huruf besar dan kecil harus ditulis dengan cara yang sama). Lalu, tekan ikon + (tambah) untuk menambahkan kata kunci.

3. Setelah ditambahkan, ketuk ikon warna di sebelah kata kunci Agan dan pilih warna yang diinginkan.

4. Kapan pun, jika Agan ingin menghapus kata kunci, ketuk ikon (-) di sebelah kata kunci.

Menggunakan Edge Lighting pada Layar Terkunci

Edge Lighting berfungsi baik saat layar hidup atau mati, yaitu pada layar kunci. Untuk memastikan Edge Lighting juga berfungsi di layar kunci.

Buka Pengaturan > notifikasi > Gaya pop-up notifikasi dan aktifkan tombol di sebelah Tampilkan meskipun layar mati.

Cara Mematikan Edge Lighting

Jika Agan hanya ingin melihat pop-up notifikasi singkat tanpa batas ponsel Agan menyala, Agan dapat menonaktifkan Edge Lighting saja.

Untuk itu, buka Pengaturan > notifikasi > Gaya pop-up notifikasi dan ketuk Gaya pencahayaan tepi. Pilih Tidak Ada di bawah tab Efek dan tekan tombol Selesai.

Itulah panduan cara mengaktifkan Edge Lighting di HP Samsung. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Tanto Roni
Tanto Roni Saya penulis yang mengulas berbagai informasi seputar dunia teknologi, gadget, serta beberapa tips terkait masalah pada perangkat android.